9 Oleh-oleh Khas Banyuwangi yang Wajib di Beli

Oleh Oleh Khas Banyuwangi– Anda sedang berlibur atau traveling ke Banyuwangi? Nah, traveling akan semakin lengkap rasanya jika ketika pulang dari tempat liburan membawa makanan khas atau oleh-oleh dari tempat destinasi wisata yang Anda kunjungi. Oleh-oleh tersebut merupakan suatu hal yang bisa dikatakan wajib untuk Anda bawa pulang ketika berkunjung ke suatu tempat tertentu, terutama Banyuwangi yang memiliki makanan maupun minuman yang khas dari kabupaten tersebut. Banyuwangi sendiri adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur yang terkenal dengan destinasi wisatanya yang begitu menakjubkan dan indah. Banyak sekali para wisatawan asing maupun lokal yang traveling ke Banyuwangi untuk berlibur.

Nah, dengan banyaknya destinasi wisata yang ada di Banyuwangi ini, maka dipastikan banyak sekali pusat makanan khas atau oleh oleh khas Banyuwangi yang unik dan wajib Anda coba karena selain banderol harganya terjangkau, rasa makanan dan minuman khas Banyuwangi juga sangat enak. Bahkan selain makanan atau minuman, ada juga souvenir Banyuwangi yang juga cocok untuk Anda jadikan oleh oleh ketika pulang dari Banyuwangi. Berikut ini 9 oleh-oleh khas dari Kabupaten Banyuwangi yang paling terlaris:

1.Sale Pisang

Besar kemungkinan Anda belum tahu kalau Banyuwangi dijuluki kota pisang. Dengan nama julukan tersebut maka tak heran jika masyarakat Banyuwangi banyak yang mengolah buah pisang menjadi beraneka ragam makanan seperti salah satunya sale pisang. Bahkan cara pengolahan sale pisang cukup mudah, hanya saja proses pembuatan sale pisang memakan waktu cukup lama. Pasalnya, harus melalui tahap pengeringan terlebih dahulu atau penjemuran pisang agar kandungan airnya bisa hilang. Sehingga sale pisang bisa bertahan lebih lama dengan rasa yang begitu lezat dan enak. Untuk ciri khas rasa dari sale pisang sendiri sangat manis dan enak sehingga cocok untuk Anda ketika bersantai dengan keluarga.

2.Kue Bagiak

Anda tahu kue bagiak khas Banyuwangi? Kue Bagiak ini adalah kue atau makanan ringan asal Banyuwangi yang bahan dasarnya terbuat dari tepung sagu. Untuk rasa kue Bagiak Banyuwangi ini pastinya sangat lezat, bahkan untuk mendapatkannya pun begitu mudah karena hampir diseluruh pusat toko oleh oleh khas Banyuwangitelah menyediakan kue Bagiak yang lezat ini. Tidak hanya banderol harganya yang murah, tetapi kue Bagiak Banyuwangi ini juga tersedia beraneka ragam varian rasa yakni rasa pandan, vanilla, nangka, moka, keju, durian dan sebagainya. Kue Bagiak ini juga semakin disukai banyak anak-anak karena rasa yang lembut ditambah banyak sekali varian rasa yang ada pada kue ini.

3.Rengginang

Mendengar jajanan ini besar kemungkinan Anda sudah mengenalnya, khususnya bagi Anda yang bertempat tinggal di pulau Jawa. Namun rengginang asal Banyuwangi ternyata mempunyai ciri khas dari rasanya yang ternilai berbeda dari kota-kota lainnya. Bahkan cara pengolahannya juga berbeda yang tidak memerlukan proses penjemuran dibawah sinar matahari,tetapi rengginang khas Banyuwangi menggunakan metode oven untuk pengeringannya. Untuk bentuk rengginang Banyuwangi tersebut berbentuk datar, pasalnya proses pencetakannya tidak menggunakan bantuan mesin, tetapi dilakukan secara manual menggunakan tangan. Untuk varian rasa rengginang Banyuwangi sangat beragam yakni rasa terasi, cumi, udang dan juga bawang putih.

4.Pie Glenmore

Pie atau sering disebut banyak orang sebagai bak pia ternyata makanan ini berbahan dasar dari kacang hijau dan gula yang secara langsung dibungkus bersama balutan tepung, lalu dimasukkan dalam oven untuk dipanggang sampai matang. Nah, bagi Anda kue pia ini pastinya sudah tak asing lagi dan menjadi makanan yang umum dijual dipasaran. Namun perlu Anda ketahui, bahwa kue pia khas Banyuwangi mempunyai perbedaan tersendiri yang menjadikan kue pie Glenmore sangat menarik dan cocok dijadikan oleh oleh. Mungkin nama pie Glenmore dari benak Anda terdengar aneh, tetapi nama Glenmore tersebut ternyata nama dari kecamatan yang ada pada Kabupaten Banyuwangi. Untuk rasa, pie Glenmore ini sangatlah enak dan lembut dimulut. Bahkan untuk varian rasa, pie Glenmore juga beraneka ragam seperti rasa nanas, kacang merah, strawberry, durian dan lain sebagainya.

5.Kopi Banyuwangi

Bagi Anda pencinta minuman kopi, mungkin oleh oleh khas Banyuwangi satu ini cocok Anda bawa pulang setelah traveling dari Banyuwangi. Hal ini dikarenakan Banyuwangi ternyata sebagai salah satu kota penghasil kopi paling terbaik di Indonesia dan berada para peringkat ke-4 di dunia setelah Jamaika, Toraja dan Hawai. Perkebunan kopi di Banyuwangi seluas 4.800 hektar dengan total produksi hingga 3.900 ton/tahun. Bahkan di Banyuwangi juga terdapat tradisi seduh kopi di kawasan desa kemiren, Kec. Glagah Kab. Banyuwangi. Bahkan jenis kopi hasil produksi Banyuwangi juga beraneka ragam yakni kopi pengit, kopi kemiren, kopi sableng dan kopi lanang. Dengan banyaknya varian kopi Banyuwangi maka Banyuwangi dibilang kota kopi.

6.Ladrang Sabrang

Untuk jenis makanan ringan ini memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan diantaranya yakni mengurangi berbagai macam resiko penyakit diabetes, kanker, obesitas dan lain sebagainya. Ladrang sabrang ini merupakan jenis makanan ringan yang terbuat dari ubi ungu yang memiliki rasa yang renyah dengan bentuk kecil-kecil mirip seperti mie pipih. Makanan ringan ini cocok bagi Anda yang sedang menjalani diet karena ladrang sabrang tidak akan menjadikan postur tubuh Anda menjadi gemuk tetapi justru akan membuat tubuh Anda semakin langsing karena ubi ungu memiliki kandungan beta karoten, kolin dan serat yang menjadikan sistem pencernaan Anda semakin lancar.

7.Kue Untir-Untir

Kue ini merupakan jenis kue dengan bahan tepung terigu yang memiliki rasa renyah dan gurih ditambah bentuknya yang unik membuat makanan ringan ini cocok untuk oleh oleh khas Banyuwangi untuk Anda. Dinamakan kue untir-untir karena bentuk kue ini melintir yang berputar-putar ke atas.

8.Tape Buntut

Tape Banyuwangi ini memiliki ciri khas tersendiri dan namanya juga sangat unik yakni tape buntut. Salah satu hal yang membedakan dari tape ini yakni tape buntut dibungkus dengan menggunakan daun dari pohon padi dan dibentuk seperti ekor atau buntut. Tape buntut ini merupakan makanan khas dari suku using di Banyuwangi.

9.Batik Banyuwangi

Banyak sekali batik di Indonesia dengan berbagai macam motif, tetapi sedikit berbeda motifnya dengan batik-batik yang ada di Banyuwangi yang mempunyai keunikan tersendiri. Ada salah satu jenis batik Banyuwangi yang terkenal motifnya yakni motif Gajah Oling. Dimana ciri khas dari batik Bayuwangi tersebut bermotif seperti belalai gajah. Namun ada motif batik lain seperti sembruk cacing, kangkung setingkes dan gedhengan.

Nah, untuk membeli beraneka ragam oleh oleh khas Banyuwangi tersebut direkomendasikan untuk berkunjung langsung ke toko oleh oleh Sherly yang ada di jalan Borobudur, Banyuwangi. Banyak sekali jenis oleh oleh yang bisa Anda dapatkan ditoko tersebut. Selamat berbelanja oleh oleh dan semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s